Keperawatan UNSOED Raih Nilai Terbaik Pada Uji Kompetensi Ners Indonesia

Keperawatan UNSOED Raih Nilai Terbaik Pada Uji Kompetensi Ners Indonesia
18 Oct

Keperawatan UNSOED Raih Nilai Terbaik Pada Uji Kompetensi Ners Indonesia

Tahun ini nama Universitas Jenderal Soedirman disebut pada acara Rapat Tahunan Anggota 2016 Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (RTA AIPNI). RTA AIPNI merupakan ajang pertemuan tahunan nasional seluruh institusi yang menyelenggarakan pendidikan ners di Indonesia yang berjumlah sekitar 400an institusi.

Pada RTA tahun 2016 yang dilaksanakan di Belitung pada 14-16 Oktober 2016, AIPNI memberikan penghargaan kepada Unsoed sebagai peraih nilai terbaik pada Uji Kompetensi Ners Indonesia (UKNI). UKNI sendiri merupakan ujian kompetensi untuk mendapatkan sertifikat kompetensi (serkom) yang nantinya menjadi syarat penerbitan STR (Surat Tanda Registrasi) perawat/Ners. Setiap lulusan Ners yang akan melakukan praktek profesional di rumah sakit ataupun praktek mandiri wajib memiliki STR. STR digunakan sebagai syarat penerbitan SIPP (Surat Ijin Praktek Perawat) dan setiap Ners yang akan praktek baik di rumah sakit/puskesmas/klinik maupun mandiri wajib memiliki SIPP.

UKNI periode Maret 2016, yang diselenggarakan oleh Panitia Uji Kompetensi Nasional kerjasama Dikti dan Organisasi Profesi (PPNI/Persatuan Perawat Nasional Indonesia) Unsoed meraih 3 penghargaan sekaligus, yaitu sebagai Peraih Nilai Rata-Rata Nasional Terbaik Ke-2 untuk kategori jumlah peserta 20-40, Peraih Nilai Rata-Rata Terbaik Ke-1 Se Jawa Tengah untuk kategori jumlah peserta 20-40, dan Peraih Nilai Terbaik Ke-2 Se Jawa Tengah atas nama Mira Dewi Santika, alumni Prodi Ners Unsoed angkatan 15 yang sekarang bekerja di Rumah Sakit Pusat Jantung Nasional Harapan Kita.

Ketua Jurusan Keperawatan Ns. Lutfatul Latifah, M.Kep,Sp.Mat. menyampaikan bahwa perolehan nilai terbaik tersebut tidak lepas dari pembinaan dan bimbingan para dosen Jurusan Keperawatan Unsoed dalam mempersiapkan mahasiswa Ners menghadapi Ujian Kompetensi Nasional. Jurusan Keperawatan berharap perolehan prestasi ini akan diikuti oleh perolehan prestasi-prestasi serupa di masa yang akan datang, dan juga prestasi-prestasi lain yang diperoleh Jurusan Keperawatan FIKes Unsoed. Salah satunya adalah akreditasi Prodi Ners Unsoed yang sebentar lagi akan berlangsung kurang dari 40 hari lagi.  “Kami berharap Jurusan Keperawatan memperoleh nilai akreditasi yang lebih baik dari sebelumnya, dukungan dan doa semua pihak sangat kami harapkan.” ungkapnya.

Maju Terus Pantang Menyerah!

add a comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.