Kuliah Tamu Bidang Penelitian dan Teknologi Keperawatan

Kuliah Tamu Bidang Penelitian dan Teknologi Keperawatan
08 Jan

Kuliah Tamu Bidang Penelitian dan Teknologi Keperawatan

[keperawatan.fikes.unsoed.ac.id] Semakin meningkatnya tuntutan pelayanan kesehatan di Indonesia menyebabkan dunia pendidikan keperawatan berpacu untuk menyelenggarakan proses pembelajaran yang dapat menghasilkan lulusan yang kompeten. Salah satu kegiatan tahunan Jurusan Keperawatan Unsoed adalah menyelenggarakan kegiatan kuliah tamu dengan tema yang berbeda setiap tahun. Untuk tahun 2018, tema yang diambil adalah budaya penelitian dan pengembangan teknologi keperawatan.

Hal ini relevan dengan issue industry kesehatan 4.0 yang berkembang saat ini. Kuliah tamu ini dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2018 di Aula FIKES Unsoed dengan pembicara Dr. Siti Zahara Nasution, SKp, MNS dari Universitas Sumatera Utara (USU) dan Ns. Bayhakki, MKep, SpKMB, PhD dari Universitas Riau. Dr. Siti membawakan materi “Budaya meneliti dan etika penelitian”, sedangkan Bayhakki PhD menyampaikan materi “Teknologi dalam keperawatan”. Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan bidang akademik Dr. Saryono dengan dihadiri oleh mahasiswa dan segenap dosen FIKES.

Inti dari materi yang disampaikan pada kuliah tamu ini adalah diperlukannya atmosfir akademik yang mendukung untuk penelitian dengan memperhatikan etika penelitian. Teknologi keperawatan juga menjadi perhatian karena penelitian dan pengembangan pada area ini masih kurang. Dari kuliah ini diharapkan mahasiswa dan dosen Jurusan Keperawatan dan FIKES akan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian sesuai dengan fenomena di Indonesia dan mengembangkan dan menerapkan teknologi dalam bidang keperawatan. Maju Terus, Pantang Menyerah!!