Jurusan Keperawatan FIKES Unsoed Membuka Kelas Internasional di TA 2019/2020

Jurusan Keperawatan FIKES Unsoed Membuka Kelas Internasional di TA 2019/2020
11 Feb

Jurusan Keperawatan FIKES Unsoed Membuka Kelas Internasional di TA 2019/2020

[keperawatan.fikes.unsoed.ac.id] Profesi perawat telah menjadi profesi yang sangat dibutuhkan di hampir seluruh negara di Indonesia, termasuk negara-negara maju. Kebutuhan ini diantaranya karena meningkatnya populasi dan permintaan pelayanan kesehatan yang lebih baik. Dalam rangka merespon kebutuhan perawat dunia yang semakin tinggi, pada tahun ajaran 2019/2020 Jurusan Keperawatan FIKES Unsoed membuka Kelas Internasional. Ketua Jurusan Keperawatan Mekar Dwi Anggraeni, PhD mengungkapkan bahwa Jurusan Keperawatan melihat tantangan kebutuhan perawat ini sebagai peluang bagi anak muda Indonesia yang mempunyai minat tinggi terhadap pelayanan kesehatan.

Kelas internasional ini memiliki kapasitas 50 mahasiswa yang berasal dari sekolah menengah atas baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Diharapkan lulusan dari kelas internasional ini mempunyai kompetensi perawat yang dapat diterima di semua negara. Untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi tersebut, kurikulum dan pelaksanaan belajar mengajar dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Bahasa inggris akan menjadi Bahasa pengantar selama pembelajaran. Di samping itu, mahasiswa bisa memilih mata kuliah Bahasa arab dan jepang yang masuk ke dalam mata kuliah elektif. Pengalaman belajar, kunjungan, kompetisi atau praktik di luar negeri merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh mahasiswa selama menempuh pendidikan. Dengan demikian, mahasiswa akan memiliki pandangan yang lebih luas tentang keperawatan di negara lain, melihat dunia sebagai peluang untuk menerapkan ilmunya, dan berinteraksi dengan sesama tenaga kesehatan di negara lain.

Menurut Dekan FIKES, Dr. Saryono, MKes, dalam pelaksanaan kelas internasional ini, Unsoed bekerjasama dengan beberapa universitas terkemuka di Thailand, Korea Selatan, Tiongkok dan Skotlandia. Di negara-negara tersebut, Jurusan Keperawatan akan memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa kelas internasional.

Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur mandiri setelah SBMPTN. Hal ini membuka kesempatan kepada siswa-siswa di seluruh Indonesia karena dapat mendaftar dengan sangat mudah. Diharapkan siswa bisa mendapatkan pengalaman belajar dan potensi dunia kerja yang baik dengan bergabung dengan kelas internasional Jurusan Keperawatan FIKES Unsoed.

Maju Terus, Pantang Menyerah!!