layout

wide boxed

direction

ltr rtl

style

light dark

skins

default alimbalmarina somnambula juicy spoonflower goats nutricap keratin vit courtly attire mondrian sage walking by

bg pattern

1 2 3 4 5 6 7 8

bg image

1 2 3 4 5 6 7 8

Asesmen Lapangan Program Studi Ners Fikes Unsoed

Asesmen Lapangan Program Studi Ners Fikes Unsoed
27 Feb

Asesmen Lapangan Program Studi Ners Fikes Unsoed

Pada tanggal 23-26 Februari  2020 bertempat di Aula lantai II Fakultas Ilmu- ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman (Fikes Unsoed) diselenggarakan Visitasi Akreditasi Program Studi Ners Fakultas Ilmu- ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman.

Kegiatan ini sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan keperawatan di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Fakultas Ilmu- ilmu Kesehatan telah mendaftarkan Program studi keperawatan & Ners untuk mengikuti Akreditasi LAM-PTKes. Akreditasi ini menjadi bagian dari program pemerintah yang bertujuan menanamkan pembiasaan dalam menyelenggarakan pendidikan yang unggul, dengan demikian penyelenggara pendidikan akan termotivasi untuk terus meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. “Kita membutuhkan penilaian dan evaluasi, tidak hanya dari internal tetapi juga dari eksternal. Akreditasi ini bertujuan memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia,” tutur Dekan Fikes Unsoed, Dr. Saryono, S.Kp., M.Kes. saat menyambut asesor. Dekan juga berharap melalui akreditasi ini, “Diharapkan penilaian ini meningkatkan mutu dan kualitas dari lulusan prodi Ners Unsoed”.

Kegiatan diawali dengan acara pembukaan dan penyambutan para asesor oleh Dekan Fakultas Ilmu- ilmu Kesehatan Unsoed serta Ketua Program Studi Ners Mekar Dwi Anggraeni, S.Kep. Ners., M.Kep., Ph.D. Kegiatan  pembukaan ini juga  dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan & Alumni Unsoed, Dr. Kuat Puji Prayitno, SH., M.Hum, Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjamin Mutu (LP3M) Unsoed Ir. Suprayogi, M.Sc., Ph.D, Ketua Lembaga Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat ( LPPM) Unsoed Prof. Dr. Rifda Naufalin, M.P., M.Si, Serta segenap tamu undangan dari Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit jejaring.

Asesor yang terdiri dari Dr. Novy Helena CD, S.Kp., M.Sc, Dr. Yani Sofiani. S.Kep. Ns. Sp. KMB, dan Ns. Rinik Eko Kapti, S.Kep., M. Kep. Akan melakukan peninjauan lapangan dilingkungan fakultas dan rumah sakit jejaring Prodi Ners Unsoed. “Kami harap proses asesmen lapangan ini dapat berjalan lancar sesuai dengan rencana,” tutur Dr. Novy Helena CD, S.Kp., M.Sc sebagai ketua tim asesor. Pada hari pertama asesmen lapangan dilakukan kunjungan ke RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo, Puskesmas Baturraden II dan Desa Linggasari Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas sebagai mitra tempat praktik bagi para mahasiswa Prodi Ners Unsoed. Kegiatan selanjutnya dilakukan wawancara dengan pimpinan Fakultas dan Ketua Prodi Ners, dalam wawancara tersebut, asesor menanyakan tentang proses pembelajaran di Prodi Keperawatan, mulai dari pembentukan kurikulum sampai dengan implementasinya, serta berbagai fasilitas dan layanan yang dapat diakses oleh mahasiswa untuk membantu mereka belajar dengan lebih baik. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan dokumen serta wawancara dengan mahasiswa, stakeholder, Alumni yang telah bekerja di dalam maupun luar negeri, serta stakeholder seperti dinas kesehatan, berbagai rumah sakit jejaring, pengguna lulusan, serta pemerintahan daerah ikut terlibat aktif dalam wawancara yang dilakukan. Wawancara juga dilakukan dengan dosen dan Penanggung Jawab Mata Kuliah (PJMK).

Pada saat penutupan, segenap pimpinan Fakultas dan civitas akademika Prodi Ners Unsoed tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu selama proses persiapan dan proses visitasi ini, dan  juga atas semua dukungan dan do’a restu yang telah diberikan oleh para stakeholder, dan para alumni. Besar harapan kami agar segala upaya yang telah dilakukan tidak hanya bernilai ibadah tetapi juga dapat memebrikan hasil yang Optimal untuk kemajuan Prodi Ners Fikes Unsoed.